|
NO
|
Sub pokok bahasan
|
Kemudahan
|
Kesulitan
|
Tingkat perkembangan remaja
|
Hubungan analisis
dengan tugas perkembangan
|
1
|
Sahabat sejati
|
1.
Kemudahan menjelaskan arti sahabat sejati
2.
Penjelasan sahabat palsu.
|
1. Aplikatif
menjadi sahabat sejati (penerapan menjadi sahabat sejati).
2. Membedakan
sahabat sejati dan palsu pada kenyataan yang sebenarnya
|
1, 2,3,4,5,7,8.
|
Tingkat kesulitan
materi pada kelas tiga smp ini terletak pada aplikasi atau penerapan materi
sahabat sejati itu sendiri karena dilihat dari tugas perkembangan remaja ia
mempunyai tugas untuk mengharapkan dan mempunyai perilaku social yang
bertanggung jawab, namun remaja dalam materi sahabat sejati ciri-ciri sahabat
sejati adalah suka menolong sahabat dikala senang dan susah suka member
nasehat sukka memperhatikan keadaan kita, untuk tingkat smp ini kebanyakan
mereka yang sedang mencari jatidiri dan anak smp biasanya saat teman
melakukan perbuatan salah malah ikut dalam masalah itu karena melanggar
aturan menurut mereka mempunyai keasikan sndiri sedangkan sahabat sejati tidak akan ikut
dalam masalah namun menasehati. Dengan sahabat sejati maka dari pengertian
materi yang dijelaskan siswa akan mampu menjalin hubungan yang lebih matang,
mencapai peran social menggunakan tubuhnya dengan efektif untuk saling tolong
menolong menimbulkan rasa tanggungjawab sesame teman, dan hal ini menjadi
mudah karena materi berkaitan dengan hubungan social yang sedang mereka
jalani, namun mereka akan kesulitan dalam membedakan apakah teman mereka
sahabat sejati ataukah bukan.
|
2
|
Kewajiban dan hak
|
1.
Kemudahan pada materi menjelaskan kewajiban
dan ak
2.
Menceritakan kembali kisah sigala
3.
Mejelaskan kewajiban dan hak warga negara
|
1.
Penggolongan tiap kewajiban dan hak
Berdasarkan
sigalovadasutta
2.
Aplikasi pendahuluan untuk menjalankan
kewajiban dari pada hak
|
2, 3, 4, 5, 8
|
Dengan materi
kewajiban dan hak tingkat kemudahan yang ada adalah dari pengertian kewajiban
dan hak hal ini dapat memunculkan pemahaman mereka mengenai peran sosila
antara pria dan wanita, menerima dan menggunakan keadaan fisiknya secara
efektif jika pria kewajibanya misal
membantu ayah mencari rumput dan bagi wanita dapat belajar dan membantu ibu
memasak. Dengan melakukan kegiatan diatas remaja telah menjalankan tugas
perkembangannya di no 2dan 3, saat mereka mereka mempelajari materi ini maka
mereka akan mengetahui tanggung jawab perilaku sebagai anak untuk menjadi seorang yang mandiri secara
emosional dan mendapatkan pesan nilai sebagai di dalam sebuah rumah tangga
dan lingkungan di sekitar mereka.
Kesulitan yang
timbul adalah dari penggolongan antara kewajiban dan hak berdasarkan
sigalovada sutta.
Dan aplikasi untuk
mendahulukan kewajiban terlebih dahulu, remaja terbiasa dengan sifat yang
menuntut dan ingin didalhulukan dari pada apa yang akan mereka kerjakan,
untuk memunculkan kewajiban dahulu sebelum hak menjadi sangat sulit bagi
remaja. Walaupun hal ini sesuai dengan tugas perkembangan 3,4 namun emosi
remaja masih sangat tinggi sehigga apa yang di mintaya harus namun
kewajibannya di kesampingkan.
|
3
|
Alam semesta
|
1.
Tidak ada
|
1.
Kesulitan pada materi alam semesta yang menyangkut:
Alam kehidupan
diatas dan di bawah bumi.
Sebelas kammaloka
Enambelas arupa loka
Empa arupa loka
2.
Penggunaan bahasa pali (paliteks)
|
3,4
|
Kemudahan dalam
materi ini tidak ada dan kesulitan karena untuk alam semesta dan pembahasanya
dan pembagianya dirasa masih sulit untuk di jelaskan bagi siswa smp,misalnya
alam arupadhatu yang membutuhkan pemikiran yang rumit walaupun mereka sudah
mampu untuk berfikir abstrak .
Kesulitanya adalah
pada materi itu sendiri dan penulisan bahasa pali yang masih memerlukan
kejelian. Untuk menggambarkan alam alam yang terbagi dalam tigapuluh satu
alam sangat sulit di cerna untuk anak kelas tiga smp. Namun untuk materi ini
sesuai untuk tugas perkembangan no 3,4 walaupun sulit dalam materi namun kita
bias menumbuhkan kepedulian terhadap alam, dengan peduli lingkungan, sehingga
siswa dapat membantu mengumpulkan sampah, menyapu halaman sekolah, dan
memunculkan tanggung jawab terhadap sampah yang mereka buat.
|
4
|
Siapakah aku
|
1.
Kemudahan pada materi yang tidak terlalu
banyak.
2.
Penjelasan
mengenai cita – cita.
|
1.
Penggunaan bahasa pali
2.
Penjelasan mengenai nama.
3.
Identifikasi nama.
4.
Apalikasi pencarian tujuan hidup
|
2, 4, 8.
|
Kemudahan pada
materi yang tidak terlalu banyak, namun kesulitan yang muncul pada penjelasan
nama, yang menggunakan penulisan pali,
dan penentuan tujuan hidup karena untuk taraf remaja mereka belum terlalu
peduli terhadap tujuan hidup yang akan mereka tempuh. Materi ini sesuai
dengan tugas perkembangan no 2,4,8. Karena setelah mempelajari ini siswa baik
siswi di harapkan mendapatkan pengertian peran mereka sebagai wanitan ataupun
pria, dan juga menumbuhkan perilaku yang bertanggung jawab didalam social,
dan juga mendapatkan perangkat nilai, bahwa keakuan itu tidaklah ada, dan
hidup perlu mempunyai tujuan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar