Senin, 16 Juli 2012

Analisis Materi Kelas 3 Smp


Nama                    : susanto
Nim                       : 1008201049
Semester            : IV (empat)

 
Analisis Materi Kelas 3 Smp
NO
Sub pokok bahasan
Kemudahan
Kesulitan
Tingkat  perkembangan remaja
Hubungan analisis
dengan tugas perkembangan
1
Sahabat sejati
1.    Kemudahan menjelaskan arti sahabat sejati
2.    Penjelasan sahabat palsu.
1.  Aplikatif menjadi sahabat sejati (penerapan menjadi sahabat sejati).
2.  Membedakan sahabat sejati dan palsu pada kenyataan yang sebenarnya
1, 2,3,4,5,7,8.
Tingkat kesulitan materi pada kelas tiga smp ini terletak pada aplikasi atau penerapan materi sahabat sejati itu sendiri karena dilihat dari tugas perkembangan remaja ia mempunyai tugas untuk mengharapkan dan mempunyai perilaku social yang bertanggung jawab, namun remaja dalam materi sahabat sejati ciri-ciri sahabat sejati adalah suka menolong sahabat dikala senang dan susah suka member nasehat sukka memperhatikan keadaan kita, untuk tingkat smp ini kebanyakan mereka yang sedang mencari jatidiri dan anak smp biasanya saat teman melakukan perbuatan salah malah ikut dalam masalah itu karena melanggar aturan menurut mereka mempunyai keasikan sndiri  sedangkan sahabat sejati tidak akan ikut dalam masalah namun menasehati. Dengan sahabat sejati maka dari pengertian materi yang dijelaskan siswa akan mampu menjalin hubungan yang lebih matang, mencapai peran social menggunakan tubuhnya dengan efektif untuk saling tolong menolong menimbulkan rasa tanggungjawab sesame teman, dan hal ini menjadi mudah karena materi berkaitan dengan hubungan social yang sedang mereka jalani, namun mereka akan kesulitan dalam membedakan apakah teman mereka sahabat sejati ataukah bukan.




2
Kewajiban dan hak
1.       Kemudahan pada materi menjelaskan kewajiban dan ak

2.       Menceritakan kembali kisah sigala

3.       Mejelaskan kewajiban dan hak warga negara
1.    Penggolongan tiap kewajiban dan hak
Berdasarkan sigalovadasutta

2.    Aplikasi pendahuluan untuk menjalankan kewajiban  dari pada hak
2, 3, 4, 5, 8
Dengan materi kewajiban dan hak tingkat kemudahan yang ada adalah dari pengertian kewajiban dan hak hal ini dapat memunculkan pemahaman mereka mengenai peran sosila antara pria dan wanita, menerima dan menggunakan keadaan fisiknya secara efektif  jika pria kewajibanya misal membantu ayah mencari rumput dan bagi wanita dapat belajar dan membantu ibu memasak. Dengan melakukan kegiatan diatas remaja telah menjalankan tugas perkembangannya di no 2dan 3, saat mereka mereka mempelajari materi ini maka mereka akan mengetahui tanggung jawab perilaku sebagai anak  untuk menjadi seorang yang mandiri secara emosional dan mendapatkan pesan nilai sebagai di dalam sebuah rumah tangga dan lingkungan di sekitar mereka.
Kesulitan yang timbul adalah dari penggolongan antara kewajiban dan hak berdasarkan sigalovada sutta.
Dan aplikasi untuk mendahulukan kewajiban terlebih dahulu, remaja terbiasa dengan sifat yang menuntut dan ingin didalhulukan dari pada apa yang akan mereka kerjakan, untuk memunculkan kewajiban dahulu sebelum hak menjadi sangat sulit bagi remaja. Walaupun hal ini sesuai dengan tugas perkembangan 3,4 namun emosi remaja masih sangat tinggi sehigga apa yang di mintaya harus namun kewajibannya di kesampingkan.








3
Alam semesta
1.       Tidak ada
1.       Kesulitan pada materi alam semesta yang menyangkut:
Alam kehidupan diatas dan di bawah bumi.
Sebelas kammaloka
Enambelas arupa loka
Empa arupa loka

2.       Penggunaan bahasa pali (paliteks)
3,4
Kemudahan dalam materi ini tidak ada dan kesulitan  karena untuk alam semesta dan pembahasanya dan pembagianya dirasa masih sulit untuk di jelaskan bagi siswa smp,misalnya alam arupadhatu yang membutuhkan pemikiran yang rumit walaupun mereka sudah mampu untuk berfikir abstrak .
Kesulitanya adalah pada materi itu sendiri dan penulisan bahasa pali yang masih memerlukan kejelian. Untuk menggambarkan alam alam yang terbagi dalam tigapuluh satu alam sangat sulit di cerna untuk anak kelas tiga smp. Namun untuk materi ini sesuai untuk tugas perkembangan no 3,4 walaupun sulit dalam materi namun kita bias menumbuhkan kepedulian terhadap alam, dengan peduli lingkungan, sehingga siswa dapat membantu mengumpulkan sampah, menyapu halaman sekolah, dan memunculkan tanggung jawab terhadap sampah yang mereka buat.
4
Siapakah aku
1.       Kemudahan pada materi yang tidak terlalu banyak.
2.       Penjelasan  mengenai cita – cita.
1.       Penggunaan bahasa pali
2.       Penjelasan mengenai nama.
3.       Identifikasi nama.
4.       Apalikasi pencarian tujuan hidup
2, 4, 8.
Kemudahan pada materi yang tidak terlalu banyak, namun kesulitan yang muncul pada penjelasan nama,  yang menggunakan penulisan pali, dan penentuan tujuan hidup karena untuk taraf remaja mereka belum terlalu peduli terhadap tujuan hidup yang akan mereka tempuh. Materi ini sesuai dengan tugas perkembangan no 2,4,8. Karena setelah mempelajari ini siswa baik siswi di harapkan mendapatkan pengertian peran mereka sebagai wanitan ataupun pria, dan juga menumbuhkan perilaku yang bertanggung jawab didalam social, dan juga mendapatkan perangkat nilai, bahwa keakuan itu tidaklah ada, dan hidup perlu mempunyai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar